Kategori Laptop Berspesifikasi Tinggi, Cocok untuk Main Game

Persaingan laptop berspesifikasi tinggi di masa sekarang ini terlihat lebih sengit. Namun sebelum itu, apa yang membuat brand ternama saling berlomba untuk membuat laptop gaming? Padahal laptop bersertifikasi menengah sekalipun sudah cukup untuk bermain game berat.

Jika dilihat dari spesifikasi yang ada, harga laptop 12 jutaan saja sudah masuk ke dalam kategori berspesifikasi tinggi. Spesifikasi itu dapat dilihat dari perangkat yang dipasang di dalamnya. Dari mulai prosesor, kartu grafis, ram, memori hingga layar monitor yang digunakan.

Semua itu dapat menentukan harga dan kualitas yang ditampilkan pada konsumen. Laptop tidak perlu bagus jika digunakan untuk pekerjaan sederhana seperti word. Tapi untuk bermain game, kategori laptop berspesifikasi tinggi adalah yang dibutuhkan karena kekuatannya gahar.

Selain bermain game, laptop dengan spesifikasi tinggi juga diperlukan oleh editor dan animator. Laptop editing video biasanya memerlukan spesifikasi yang cukup tinggi. Alasan sederhananya karena laptop itu harus melalui peningkatan performa ketika digunakan untuk render video.

 

Apa yang Menentukan Laptop Berkualitas?

Pada dasarnya laptop sekarang sudah memiliki kualitas yang tinggi. Komponen di dalamnya juga sudah dapat digunakan untuk bermain game mid end. Meski harganya tidak sebanding dengan PC, namun tetap saja laptop masih diminati banyak orang karena bisa dibawa ke mana saja.

Laptop berkualitas ditentukan dari seberapa bagus komponen dan spesifikasinya. Untuk laptop berspesifikasi tinggi, komponen di dalamnya tidak selalu menggunakan seri terbaru. Baik itu VGA atau prosesor, keduanya selalu disesuaikan dengan minat konsumen di pasar.

Bahkan laptop terbaru sekalipun dapat menggunakan komponen lama jika memang diperlukan. Harga laptop mengalami penurunan di setiap tahunnya karena persaingannya ketat. Tidak hanya PC saja, ada banyak konsol yang keluar dan mulai memperlihatkan kualitasnya.

Konsol permainan seperti PS5 dan Nintendo Switch sangat laku di pasaran. Pemain game tentu memiliki seleranya sendiri-sendiri saat memilih perangkat permainan yang akan digunakan. Baik itu laptop berspesifikasi tinggi hingga konsol permainan, semuanya bisa masuk pilihan.

Anda dapat membeli perangkat permainan di toko resmi agar mendapat garansi. Perlu diingat, laptop memiliki kelebihannya sendiri saat digunakan sebagai perangkat permainan. Sama halnya seperti konsol dan PC yang memiliki kelebihannya sendiri di sektor tertentu.

 

Lebih Baik Laptop, PC atau Konsol?

Untuk bermain game, Anda diberi 3 pilihan sederhana yaitu melalui Laptop, PC atau Konsol. Jika ingin fokus pada permainan dengan harga yang lebih murah, Anda bisa membeli konsol. Tapi jika ingin mendapatkan pengalaman lebih banyak, Anda bisa memilih PC atau Laptop.

Alasannya karena Laptop dan PC bisa dilengkapi dengan game konsol melalui platform khusus. Tentu untuk dapat bermain game Anda harus punya laptop berspesifikasi tinggi. Platform yang dapat diakses untuk mendapatkan game konsol di antaranya Steam, Epic Games dan Origin.

Setiap platform memiliki permainannya masing-masing sehingga Laptop dan PC lebih baik. Untuk penggemar game konsol, Anda dapat memilih PS4, PS4, Nintendo Switch atau Xbox. Tapi, semua jenis konsol tersebut hanya menyediakan game dari perusahaan developernya.

Jadi kekurangan konsol adalah keterbatasan game karena terikat dengan perusahaan developer. Berbeda dengan laptop dan PC yang dapat dipasangkan berbagai macam game. Hal ini sangat menguntungkan karena laptop memberikan kebebasan untuk Anda memilih game.

 

Beberapa Laptop Berspesifikasi Tinggi

Untuk mendapatkan pengalaman terbaik bermain game, Anda disarankan untuk memilih laptop. Selain laptop, Anda juga dapat membeli komputer PC jika ingin meracik sendiri komponennya. Berikut ini ada beberapa laptop yang bisa Anda beli lengkap dengan spesifikasinya.

  1. Nitro 5 AN515-44

Pertama laptop berspesifikasi tinggi ada Acer yang memiliki spesifikasi tinggi di kelasnya. Laptop ini sudah dilengkapi dengan prosesor AMD Ryzen 5 4600H dan memiliki 2 Slot SSD PCIe.

Slot ram bisa dimaksimalkan hingga 32 GB DDR4 sehingga daya tahan untuk bermain gamenya terjamin. Laptop Nitro dari Acer ini juga dilengkapi dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 Ti.

Jika dilihat dari kelasnya, kartu grafis tersebut masuk dalam kategori high end. Dengan tingkat refresh rate 144Hz, laptop ini sangat cocok digunakan untuk bermain game berat. Harga laptop di kisaran 13 juta untuk kondisi baru dan 10 second.

  1. Asus TUF Gaming F15 FX506HC

Kedua ada laptop dari Asus yang menggunakan prosesor i5-11400H dan grafis Nvidia GeForce RTX 3050. Laptop berspesifikasi tinggi ini juga dilengkapi dengan layar 15,6 inci dan refresh rate 144Hz.

Untuk bermain game, laptop ini sangat cocok digunakan karena grafisnya bagus. Ram yang ditampung pada saat pembelian resmi adalah 8 GB dan bisa ditingkatkan hingga 32 GB. Terdapat Slot SSD sehingga Anda dapat meningkatkan kapasitas memorinya.

Memori di awal pembelian adalah 512Gb M.2 NVMe SSD sehingga kecepatannya tinggi. Harga laptop di kisaran 15 jutaan dan bisa ditemukan second dengan harga 14 jutaan.

  1. Lenovo Ideapad Gaming i3

Ketiga terdapat seri Lenovo yang memiliki harga lebih terjangkau. Dengan menggunakan prosesor i5-10300H dan grafis GeForce GTX 0650 Ti, Anda sudah bisa bermain game bagus. Laptop berspesifikasi tinggi juga dilengkapi dengan layar monitor sebesar 15,6 inci.

Memori penyimpanannya masih menggunakan HDD 1 TB dan RAM 8 GB DDR 4. Meski begitu Anda sudah dapat menggunakannya untuk bermain game berat. Laptop ini banyak digunakan untuk programing dan editing video karena kapasitas memorinya tinggi. Harga jualnya di kisaran 10 juta dari toko resmi.

  1. ASUS ROG STRIX GL503GE-EN023T

Keempat ada laptop berspesifikasi tinggi pabrikan Asus berseri ROG yang bisa Anda pilih. Dibekali dengan prosesor i7-8750H dan grafis NVIDIA GeForce GTX 0250 Ti, Anda sudah bisa mainkan game berat. Memori RAM menggunakan 8GB DDR4 sehingga kualitasnya terjamin.

Penyimpanan umum menggunakan 1 TB + 8 GB Hybrid memori HDD. Layar monitornya berukuran 15,6 inci dan mencapai refresh rate hingga 120 Hz. Anda dapat membeli laptop ini di toko resmi dan dapatkan garansi resminya untuk klaim kerusakan. Harga Resmi di toko Asus 14 juta.

  1. Acer Swift 3 SF314

Terakhir ada Acer seri Swift yang memiliki kemampuan mid high end di kelasnya. Prosesor laptop ini menggunakan I5-1035G4 dengan grafis Intel iris. Untuk kelas mid high end, laptop sudah dapat digunakan untuk bermain game berat seperti Red Death Redemtion 2.

Memori RAM 8GB LPDDR4 dan penyimpanan dasar 512GB SSD. Layarnya 13.5 inci dengan refresh rate sebesar 60 Hz. Acer Swift 3 ini cocok digunakan untuk bermain game dan kerja di kantor karena harganya sangat terjangkau dibandingkan keempat laptop lainnya. Harga jual di toko resmi 9 juta dan 7 juta untuk second.

 

Cara Membedakan Performa Pada Laptop

Dengan berbagai jenis laptop berspesifikasi tinggi, Anda bisa memainkan game berat masa kini. Untuk mengetahui performa laptop yang Anda gunakan, lihatlah kemampuan prosesor terlebih dahulu. Prosesor dibedakan dari generasi ke generasi karena kemampuannya terus meningkat.

Intel sebagai produsen dan pengembang prosesor sudah mencapai generasi ke 12. Untuk dapat mengetahui generasi laptop, Anda dapat melihat debit angka bagian namanya. Contoh prosesor Intel Core i5-1035G4 yang menjadi generasi ke 10 dan bisa dikatakan unggul di kelasnya.

Intel Core menandakan brand perusahaan dan i5 berarti variasi produk yang dihasilkan. Untuk debit angka di belakangnya menandakan generasi dan nomor model. Jadi, i5-1035G4 adalah chip prosesor generasi ke 10 karena sudah diperjelas dengan 4 debit angka di belakang nomor seri.

Selain Prosesor, Anda juga bisa melihat kapasitas dan performa laptop berspesifikasi tinggi dari kartu grafis, RAM dan Memori yang digunakan. Semua itu memiliki generasinya sendiri-sendiri sehingga Anda harus memperhatikan data perangkat di situs resminya.

 

Kelebihan Memilih Laptop Dibandingkan PC

Jika sebelumnya Anda diminta untuk memilih konsol, PC atau laptop, maka sekarang pilihannya dibatasi menjadi 2. Laptop dan PC merupakan komputer yang dibentuk dari komponen berbeda. Laptop lebih simpel dengan komponen tanam dan dibuat lebih kecil dari bentuk aslinya.

Sedangkan PC Desktop merupakan komputer yang memiliki komponen terpisah. Anda harus bisa menyusun komponennya sendiri ketika ingin membuat PC Desktop. Mulai dari Prosesor hingga kartu grafis, semuanya dijual terpisah dan bisa dipasangkan pada motherboard.

Laptop berspesifikasi tinggi tidak sebanding dengan PC Desktop karena komponennya berbeda. Komponen laptop sudah ditanam dan tidak bisa diubah lagi sehingga kualitasnya hanya di satu titik saja. Berbeda dengan PC Desktop yang dapat dimodifikasi dan dikembangkan lagi.

Namun laptop lebih unggul dari kenyamanan dan stabilitasnya. Hal ini karena laptop jauh lebih simpel dibandingkan PC Desktop yang komponennya besar. Untuk masalah stabilitas, laptop juga unggul karena sudah diprogram dan disusun langsung oleh pabrikannya.

Jadi semua komponen di dalamnya dapat sinkron dan terintegrasi satu sama lainnya. Tapi untuk masalah performa, tentu saja PC Desktop jauh lebih unggul. Setiap perangkat memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga Anda harus mempertimbangkan hal itu.

Kelebihan memilih laptop berspesifikasi tinggi adalah Anda bisa membawanya ke mana saja. Cocok untuk bekerja, bermain game, mendesain dan membuat karya seni visual. Laptop banyak digunakan karena lebih simpel dibandingkan PC Desktop yang ukurannya sangat besar.

 

Apakah Laptop bisa Dimodifikasi dan di Upgrade?

Melihat kemampuan PC Desktop yang dapat dimodifikasi dan ditingkatkan performanya, ada sedikit kemungkinan laptop dapat mengikutinya. Laptop pada dasarnya juga bisa ditingkatkan jika perusahaan produsen menyediakan ruang untuk menambahkan komponen baru.

Contoh sederhananya seperti laptop berspesifikasi tinggi dengan Slot SSD. Dari adanya Slot itu, laptop dapat ditambahkan kapasitas memorinya. SSD adalah salah satu bagian terpenting dari laptop yang harus ditingkatkan karena memiliki keterbatasan memori.

Selain SSD, ada juga RAM yang juga bisa ditingkatkan jika disediakan Slot modifikasinya. RAM itu sangat mempengaruhi game yang Anda mainkan nantinya. Memori RAM dipakai sebagai memori simpanan cadangan dan fungsinya untuk menjalankan berbagai macam aplikasi.

Ketika kapasitas RAM besar, maka aplikasi yang bisa dijalankan di laptop juga semakin banyak. Di sisi lain jika ukuran game yang dimainkan besar, maka kapasitas RAM juga harus banyak. Oleh sebab itu RAM sangat diperlukan untuk menunjang laptop agar dapat beroperasi sempurna.

Jadi kesimpulannya Laptop bisa ditingkatkan atau dimodifikasi jika produsen menyediakan Slot. Mengingat spesifikasi yang sudah bagus, laptop hanya memerlukan perubahan kecil untuk bisa semakin gahar. Laptop berspesifikasi tinggi cocok untuk bermain game jika komponennya bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.