Konsep Rumah Pintar Sebagai Hunian yang Futuristik

Konsep rumah pintar mulai dibuat oleh sebagian masyarakat dan juga pemborong. Smart home saat ini menjadi pilihan banyak orang karena lebih menarik dan lebih baik terutama dari sistem keamanan rumahnya.

Berkembangnya zaman membuat smart home semakin santer terdengar di telinga. Hunian modern tersebut membawa kepraktisan, bukan hanya dari segi bisnis, tapi juga kepada penghuni rumahnya.

Embel – embel smart home sendiri juga mampu menaikkan harga jual rumah hunian tersebut. Hal itu wajar, sebab instalasi dalam pemasangan sistem rumahnya juga cukup mahal karena menggunakan peralatan modern dan canggih.

Sistem dari konsep rumah pintar sendiri menggunakan perangkat gadget untuk mengatur berbagai halnya. Melalui perangkat, penggunanya mungkin untuk mengontrol fungsi seperti akses keamanan, suhu, pencahayaan, bahkan kebersihan rumahnya dari jauh.

Namun, smart house memiliki kelemahan yakni bug dan juga pada sistem keamanannya. Hal itu membuat pemiliknya harus selalu memantau serta memperbarui sistem agar tidak terjadi bug dan keamanan terbobol.

Di Indonesia baru beberapa hunian tersebut menggunakan konsep futuristik ini. Kebanyakan dari masyarakat baru menggunakan gagang pintu itu menggunakan kode untuk mengamankan rumahnya dari orang lain.

Namun, dari hal sekecil itu sudah membuat dan membawa perubahan ke dalam negeri ini. Selain itu, ini juga menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia mau diajak ke arah yang lebih baik.

Berkenalan dengan Konsep Rumah Pintar sebagai Hunian Futuristik

Sistem smart house dinilai sebagai hunian futuristik karena menampilkan berbagai kecanggihan yang sebelumnya belum pernah digunakan. Bangunan tersebut dilengkapi berbagai peralatan canggih untuk memberikan kemudahan pada penggunanya.

Sebenarnya, konsep hunian futuristik sempat diperkenalkan pada tahun 2000, tapi belum berhasil menarik perhatian masyarakat. Baru belakangan ini sistem hunian tersebut berhasil menarik perhatian masyarakat.

Konsep rumah pintar merupakan sebuah sistem pengelolaan hunian modern yang diintegrasikan dengan kecanggihan zaman serta otomatisasi perangkat. Melalui satu perangkat saja, Anda bisa mengatur semua sisi rumah.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh perangkat tersebut seperti mengatur suhu ruangan, mengunci pintu, menyalakan lampu, dan lain sebagainya. Anda bisa juga mengaturnya sebagai alarm saat rumah akan dibiarkan kosong.

Sebab itu, banyak yang mengatakan bahwa smart home cocok digunakan bagi Anda yang selalu sibuk bepergian. Saat Anda di luar rumah, tentu tidak akan khawatir dengan keamanan karena bisa memantaunya.

Konsep rumah pintar membantu Anda untuk menghemat listrik karena tv dan lampu bisa dilakukan secara otomatis. Yang terpenting dari sistem hunian futuristic ini adalah adanya listrik dan jaringan memadai.

Melihat dari sisi fungsionalitas hunian yang dimanfaatkan secara maksimal saat ini, smart house akan mendunia. Maksudnya adalah, pertumbuhan kian meningkat dari tahun ke tahunnya dan banyak orang yang menggunakan.

Jika ingin mencoba hunian masa depan ini, Anda bisa membuatnya sendiri dengan memasang berbagai peralatan. Atau jika tidak ingin ribet, Anda bisa membelinya kepada para pemborong.

Untuk saat ini, sudah sangat mudah jika Anda ingin membeli hunian modern tersebut. Mungkin harganya masih lumayan mahal jika dibandingkan dengan rumah konvensional tanpa perangkat internet canggih.

Rekomendasi Hunian yang Telah Menerapkan Konsep Rumah Pintar di Indonesia

Di Indonesia sendiri baru hunian kota – kota besar saya yang menerapkan konsep ini, sisanya adalah hasil modifikasi sendiri. Meski baru sedikit pengembangnya, tapi fasilitas yang diberikan sudah luar biasa.

Dari segi tampilan rumahnya sebenarnya seperti rumah pada umumnya, tapi jika masuk ke dalam Anda akan terkejut dengan berbagai kecanggihannya. Berikut adalah rekomendasi hunian masa depan yang cocok Anda tinggali.

1. Podomoro Golf View Bogor

Jika ingin memiliki hunian di wilayah Bogor dengan view berbeda, yakni lapangan golf jawabannya adalah Podomoro. Harga mulai dari 300 juta, Anda sudah bisa mendapatkan hunian dengan konsep rumah pintar.

2. The Boulevand Bogor

Hunian futuristik lain telah diterapkan di wilayah Bogor juga, tapi pada the boulevand. Ini merupakan perumahan elegan, elit, dan bersih yang strategis. Cocok bagi Anda yang menginginkan hunian sehat keluarga.

3. Arkatama Town House Depok

Hunian dengan konsep rumah pintar yang dipersembahkan oleh PT Alaf Rumah Peersada ini berhasil mencuri perhatian penggunanya. Hal itu dikarenakan memiliki tampilan yang sangat modern, ditambah lagi terdapat berbagai ruangan.

4. Pinang Residence Jakarta Selatan

Salah satu hunian yang sangat menarik karena desain rumahnya tidak biasa. Dengan sistem canggih yang telah disematkan, pengguna bisa memantau kondisi rumahnya dari jauh sehingga tetap aman jika menggunakannya.

5. South Gove Jakarta

Merupakan perumahan modern di daerah lebak Bulus Jakarta yang telah menggunakan sistem smart door lock. Dengan menggunakan hunian tersebut keamanan dan privasi Anda akan terjamin.

Hunian cerdas memang memiliki harga yang cukup lumayan dibandingkan dengan konvensional. Selain itu, desain dan tampilan luar dari hunian tersebut juga sudah tampak lebih modern

Device yang Harus Digunakan untuk Mendukung Konsep Rumah Pintar

Perangkat canggih dan saling terhubung merupakan apa yang membuat rumah menjadi pintar. Perangkat pintar tersebut berjalan menggunakan jaringan Wifi untuk melakukan dan menjalankan tugasnya sesuai perintah.

Dengan semua perangkat hebat tersebut, Anda bisa menghebat biaya pengeluaran dalam jangka panjang. Untuk itu, berikut Kami berikan beberapa device yang perlu Anda persiapkan untuk membangun smart house.

1. Smart Speaker

Mungkin sudah banyak dari Anda yang menggunakan perangkat pengeras suara paling populer. Smart speaker hadir dalam ukuran compact sehingga bisa diletakkan di berbagai ruangan. Device ini mampu menjawab pertanyaan Anda.

2. Lampu Cerdas

Konsep rumah pintar harus menggunakan lampu cerdas untuk memudahkan pengaturan. Hal ini membuat Anda bisa mengatur dan memegang penuh kontrol lampu dari jarak jauh baik menyalakan maupun mematikannya.

3. Perangkat Hiburan Cerdas untuk Rumah

Perangkat hiburan cerdas nirkabel, smartphone, dan internet dalam kehidupan sehari – hari membuat rumah bisa dikendalikan dengan mudah. Benda – benda elektronik mendukung konektivitas antara perangkat satu dengan lainnya sehingga mudah dihubungkan.

4. Smart Door Lock

Solusi dari keamanan rumah adalah penggunaan smart door lock yang terhubung dengan jaringan wifi. Karena konsep rumah pintar adalah memberikan kemudahan dan kepraktisan penghuninya, termasuk saat lupa mengunci pintu rumahnya.

5. Smart Shower

Mandi menggunakan perangkat canggih tentu akan meningkatkan kualitas dan kesegaran Anda di pagi hari. Peralatan mandi ini kompatibel dengan asisten virtual yang bisa dikontrol melalui smartphone Anda.

6. Smart – Hub

Menggunakan hub untuk menghubungkan berbagai perangkat cerdas Anda merupakan cara paling tepat. Aplikasi hub memungkinkan Anda untuk mengakses seluruh ruangan dalam rumah dan melakukan berbagai adegan otomatisasi pada ruang – ruang tersebut.

Kelebihan dari Penggunaan Konsep Rumah Pintar

Konsep hunian futuristik semakin banyak digunakan, karena berbagai alasan. Termasuk salah satunya adalah kemudahan yang diberikan ketika menggunakan konsep tersebut karena adanya penggunaan device canggih.

Selain itu, rumah juga menjadi memiliki banyak fungsi dan fitur untuk melindungi atau melakukan sesuatu secara otomatis. Hal tersebut tentu menjadi solusi, terutama bagi Anda yang sering teledor atau pelupa.

Penerapannya tersebut memberikan banyak manfaat dalam kehidupan sehari – hari, termasuk menurunkan anggaran pengeluaran. Termasuk juga menjadi fasilitas tambahan untuk meningkatkan kualitas hidup dan keselamatan penghuni rumahnya.

Kelebihan dari penerapan konsep rumah pintar pertama adalah mudah dan saling terkoneksi satu perangkat dengan lainnya. Anda bisa melakukan kontrol seperti mematikan kompor, menyalakan pemanas, meskipun sedang di kantor.

Selain itu, preferensi dan pengaturan yang bisa disesuaikan tergantung masing – masing perangkatnya. Produk – produk perangkat pintar mampu memberikan opsi kepada penggunanya agar bisa menyesuaikan pengaturan sesuai dengan keinginan penggunanya.

Peningkatan keamanan dan pengawasan rumah secara real time melalui konektivitas perangkat juga bisa dilakukan. Pemilik rumah bisa mengetahui apa yang terjadi di rumahnya meskipun berada jauh dari tempat tinggalnya tersebut.

Konsep rumah pintar juga saat ini dilakukan pelacakan kesehatan dan kebugaran penggunanya. Hal ini dilakukan untuk memberikan jaminan kehidupan yang aman, mandiri, dan respon emergency saat terjadi masalah.

Terdapat juga manajemen energi dan utilitas seperti pemanas, pendinginan, pencahayaan sehingga menghemat biaya. Hal tersebut juga membantu pengurangan limbah yang memperburuk efek rumah kaca di atmosfer.

Terdapat juga fitur deteksi yang akan mendeteksi jika terdapat gerakan mencurigakan di dalam rumahnya tersebut. Bertujuan untuk mengurangi pemberitahuan palsu di rumah serta memperkuat sistem keamanan agar tidak kebobolan pencuri.

Kekurangan Penggunaan Konsep Rumah Pintar

Perlu diketahui bahwa ada kelebihan pasti terdapat juga kekurangan. Termasuk pada konsep hunian futuristik ini, terdapat beberapa kekuangan yang membuat banyak orang belum beralih ke smart house.

Kekurangan paling utamanya adalah mahalnya biaya di awal pemasangan device. Jika dibilang akan menghemat biaya anggaran yang dikeluarkan, terutama listrik memang benar, tapi budget untuk memasangnya cukup mahal.

Untuk budget minimal yang perlu Anda siapkan untuk memasang perlengkapan canggih tersebut adalah sekitar 20 juta rupiah. Namun, dengan budget yang dipatok, device belum terpasang semua, hanya beberapa bagian inti saja.

Daya listrik rumah harus besar untuk bisa menopang dan membuat perangkat tersebut tetap berjalan sebagaimana mestinya. Sebab itu, sebelum pemasangan pastikan terlebih dahulu watt listrik Anda kuat agar tidak anjlok.

Kekurangan lainnya adalah beda merk, berbeda juga sistem operasinya. Hal ini sebenarnya sudah pasti, karena setiap vendor ingin menunjukkan sisi keunikannya masing – masing yakni melalui sistem operasinya.

Kekurangan lain adalah bergantung dengan koneksi internet, di mana harus selalu nyala dan bersinyal baik. Beberapa kasus memperlihatkan seseorang yang tidak bisa masuk ke rumahnya karena internetnya terputus.

Sebab itu, Anda tetap membutuhkan kunci biasa untuk berjaga – jaga akan terjadi hal tersebut. Hal ini tentu tidak efektif, dan membuat Anda mengeluarkan banyak biaya yakni untuk smart – door – lock dan kunci biasa.

Rumah cerdas juga memiliki sistem keamanan dan bug yang mudah dibobol oleh hacker. Karena saat perangkat terhubung ke internet, risiko besar dari kemalingan adalah hacker.

Terdapat risiko kegagalan teknis tersebut bisa saja terjadi pada perangkat dalam rumah Anda. Sebagai pengguna, Anda harus rajin memperbarui semua perangkat yang ada agar tidak rusak.

Mempersiapkan diri menuju kehidupan lebih modern di masa mendatang memang perlu, salah satunya dengan membangun hunian futuristik. Namun, konsep rumah pintar saat ini masih membutuhkan pengembangan untuk mengatasi permasalahannya tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.