Mengenal Perangkat Smart Watch dari Fitur dan Teknologinya

Perangkat smart watch atau juga disebut dengan jam tangan pintar merupakan teknologi terbaru dari jam tangan. Kecanggihannya tanpa batas salah satunya mampu terhubung dengan internet dan smartphone.

Untuk saat ini perannya sangat dibutuhkan oleh semua orang apalagi, dengan hadirnya fitur kesehatan dan hiburan. Membuat perangkat satu ini semakin dicari oleh orang, walaupun dari segi harga memang tinggi.

Inilah alasan banyak orang lebih memilih smart band dibandingkan jam pintar. Alasannya sederhana, selisih harga keduanya hampir sama, selain itu bila dilihat dari segi fasilitas hampir sama, benarkah demikian?

Perbedaan Perangkat Smart Watch dan Gelang Pintar

Kedua perangkat ini dari segi model serta bentuk memang hampir sama bahkan, beberapa produk terlihat mirip terutama pada segi desain. Tetapi, kalau Anda perhatikan lebih jauh lagi ada perbedaan kecil.

Layar pada jam tangan pintar setidaknya lebih besar 0, sampa 2 inchi, walau tidak terlalu signifikan namun saat menggunakannya akan terlihat sekali perbedaannya. Rasanya lebih lega dan tanpa batas. Tidak cukup sampai disitu saja, berikut beberapa perbedaan yang dapat Anda rasakan.

1.      Fasilitas dan Fitur

Perangkat smart watch memiliki fasilitas serta fitur lebih luas, ada GPS, Maps, hingga fitur membalas pesan whatsapp otomatis hanya melalui perintah suara. Bahkan, untuk menjawab telepon juga bisa dilakukan.

Semua kecanggihan tersebut bagi sebagian orang terasa sangat membantu, terutama bagi mereka yang sibuk oleh pekerjaan. Inilah alasan mengapa layar 2 inchi lebih besar dari smart band terasa sangat besar.

Saat membaca pesan singkat, bisa leluasa dibandingkan ukuran 1 atau 2 inchi. Untuk yang lainnya memang tidak jauh berbeda, seperti olahraga, pengukuran detak jantung, tingkat stress, jam tidur.

Serta beberapa fitur lainnya yang sekarang hampir menyerupai. Hanya saja, penggunaan perangkat smart watch bisa dikatakan lebih singkat. Tidak perlu mengeluarkan handphone, semua sudah terjawab otomatis di tangan.

2.      Daya Tahan Baterai

Poin berikutnya adalah daya tahan baterai, harus diakui jam tangan pintar masih menjadi pemenang. Walaupun ada banyak faktor mempengaruhi, seperti penggunaan setiap hari hingga kemampuan brand tersebut.

Tetapi, dimensi baterainya memang berbeda, kalau diukur selisihnya bisa 3 sampai 7 hari. Bahkan, beberapa produk sekarang sudah mampu memberikan daya tahan hingga 1 bulan, luar biasa bukan?

Selain itu, perangkat smart watch juga mampu bertahan di dalam kedalaman air sekitar 5 sampa 10 atm. Kalau gelang pintar sendiri hanya 5 atm bahkan, ada yang dibawah itu.

Fungsi Lain yang Memudahkan Anda

Apakah jam tangan pintar hanya bisa sampa disitu saja? Rasanya tidak, apa yang disampaikan diatas hanya sebagian kecil dari kemampuannya, agar Anda mengerti secara dasar perbedaannya dengan Smartband.

Dengan kecanggihan teknologi zaman sekarang, perangkat ini sudah dikembangkan lebih jauh. Misalnya, bagi Anda yang suka naik gunung. Perangkat smart watch ini mempunyai fasilitas GPS, altimeter, barometer dan kompas.

Keempat perangkat tersebut harus dipunyai oleh para pendaki agar mereka tidak tersesat dan mengetahui sudah berada di ketinggian berapa, harus bagaimana selanjutnya. Dapat dilakukan mudah dengan jam tangan pintar ini.

Bagi yang sedang menurunkan berat badan, disini sudah mampu mencatat semua keperluannya. Contoh, mau berolahraga berapa menit dan mencapai penurunan lemak berapa kilo, lengkap tersedia, termasuk mencapai fitnes goal.

Berbicara mengenai GPS, menggunakan perangkat smart watch ini memang menyenangkan. Karena, penggunanya tidak perlu melihat smartphone, Robot AI yang disematkan akan memberikan petunjuknya melalui sebuah tanda atau sinyal.

Jika ke kanan getar dua kali, kalau kekiri satu kali, cukup mudah dan sederhana bukan? Tidak cukup sampa disitu saja, perannya dalam menjaga kesehatan tubuh juga bagus dan sangat lengkap.

Perangkat smart watch mampu mencatat semua kebutuhan nutrisi Anda. Jika, dalam satu hari kurang, biasanya akan berbunyi alarm dan segera memenuhinya. Kalau terpantau seperti ini pasti, tubuh menjadi sehat.

Bahkan, saat penggunanya mengalami sakit dan sudah cukup parah. Ada fitur untuk segera pergi ke dokter, termasuk saat Anda sedang stress, robot AI akan memberikan beberapa solusi efektif, untuk menguranginya.

Smart Watch untuk Para Penderita Jantung

Seperti diketahui bahwa. Perangkat smart watch ini mempunyai fitur yang dinamakan EKG atau ECG. Bagi penderita penyakit jantung, fasilitas yang disematkan tersebut sangat penting, sebagai awal menganalisa keadaan mereka.

Karena, perannya sendiri mampu mengukur kinerjanya apakah terlalu cepat, melambat, atau normal. Semua dapat terdeteksi tanpa harus pergi ke rumah sakit terlebih dulu. Bahkan, pengukurannya sendiri per detik.

Walaupun perang dari EKG di perangkat smart watch masih kalah jauh dengan rumah sakit. Namun sangat membantu bahkan, tingkat efektifnya mencapai 80%. Jadi, mereka akan mendapatkan penanganan lebih cepat.

Hal itu terjadi, ketika sensor pada jam tangan bekerja dari saluran nadi yang terdapat di tangan. Maka dari itu, disarankan untuk memiliki sekaligus menggunakannya. Jadi, saat terjadi penurunan bisa tahu.

Maka dari itu cobalah untuk selalu mengaktifkannya, dan lihat bagaimana perkembangan setiap waktu. Misalnya, sebelum dan sesudah olahraga. Kemudian, saat berada di kondisi normal, akan tertera angka.

Bila perlu Anda dapat melakukan konsultasi langsung ke dokter mengenai hal ini, sehingga dapat mengerti bagaimana solusinya bila terjadi sesuatu. Sayangnya, fitur EKG rumah sakit belum tersedia di perangkat smart watch.

Pilihan Jam Tangan Pintar Terbaik

Harus diakui saat ini, ada banyak pilihan smart watch yang dijual dipasaran Indonesia. Hampir semuanya menarik dan memberikan fasilitas terbaiknya. Mula dari brand ternama seperti Samsung, Xiaomi, Oppo, dan Realme.

Mereka seakan berlomba memberikan produk terbaik untuk konsumennya dan harga yang terjangkau, bingung mau pilih yang mana? Coba simak penjelasan mengenai berbagai produk secara singkat seperti di bawah ini.

1.      Realme Watch S

Perangkat smart watch pilihan pertama adalah dari Realme. Bagi para penderita Jantung, produk ini cukup direkomendasikan karena, pabrikan sudah menyematkan teknologi PPG. Bukan hanya mengukur, tetapi juga memantau aktivitas Jantung.

Tingkat akurasi mereka bisa dikatakan bagus setidaknya 70% sampai 85%. Selan itu, Realme juga sudah menyematkan pengukur kadar oksigen dalam tubuh, sehingga dari segi kesehatan lebih terpantau.

Fasilitas lan yang diberikan adalah auto brightness sehingga, kecerahan layar dapat diatur dan akan menyesuaikan dengan keadaan lingkungan. Kapasitas baterainya sendiri kurang lebih 390 mAh dapat bertahan sekitar 15 hari.

Waktu tersebut bisa dikatakan cukup lama, bahkan beberapa pelanggan mengaku mampu mencapai batas maksimal 20 hari. Secara keseluruhan, produk ini nyaman digunakan akibat strap berkualitas premium berupa silikon.

Nyaman bila bersentuhan dengan kulit, untuk layarnya sendiri sudah mendapatkan perlindungan dari Corning Gorilla Glass 3. Untuk harganya sendiri cenderung terjangkau kurang lebih 1 jutaan, bagaimana tertarik mencobanya?

2.      Samsung Galaxy Watch 4

Samsung menjadi pilihan perangkat smart watch selanjutnya. Seri Galxy Watch 4 ini dari segi desain memang bagus dengan pilihan warna cukup banyak. Ukurannya 40 mm, sehingga cocok digunakan di tangan.

Samsung sudah menempatkan BioActive sensor, sehingga Anda dapat memantau kondisi kesehatan dengan mudah dan tingkat akurasi tinggi. Mula dari dari oksigen, detak jantung, hingga tekanan darah.

Fitur GPSnya harus dibilang oke, karena sudah terintergrasi dengan Galaxy Map, tidak heran bila para penggunanya merasa nyaman. Sayangnya, kekuatan baterainya hanya mampu bertahan 40 jam saja.

Walaupun saat melakukan pengisian daya bisa hanya butuh waktu 30 menit. Kekurangan lan yang bisa dilihat adalah dari segi harga, mereka membanderol di angka Rp2,99 juta.

3.      Apple Watch Series 6

Pilihan perangkat smart watch berikutnya dari Apple yang direkomendasikan adalah Series 6. Bisa dikatakan merupakan produk terbaik, dimana produk ini mampu melacak berbagai kegiatan olahraga sekaligus memperhatikan kesehatan Anda.

Sudah dilengkapi dengan Oxymeter untuk melihat berapa kadar darah dalam tubuh dengan pengujian cepat cukup 15 detik saja. Jika, kadarnya kurang dari 95% Apple watch akan memberikan notifikasi ke pengguna.

Tidak cukup sampa disitu saja, mereka juga menggunakan chipset prosesor S6 yang diklaim kinerjanya 20% lebih efektif dan cepat. Dilengkapi juga RAM 1 GB serta memori internal 32 GB.

Sayangnya, produk ini hanya mampu bertahan selama 18 jam saja, tetapi untuk pengisiannya sangat cepat, hanya 1,5 jam. Disertai berbagai fitur menarik lainnya, tidak heran bila harganya mencapai Rp7,99 juta

4.      Oppo Watch Free

Perangkat smart watch selanjutnya hadir dari Oppo. Brand ini memang belum terlalu terkenal dipasar jam tangan pintar. Tetapi, setelah mereka mengeluarkannya cukup menarik dan memanjakan penggunanya.

Apalagi material silikon yang digunakan dalam strap membuat produknya terkesan nyaman serta mewah. Bobotnya sendiri tergolong ringan hanya 32,6 gram saja dengan dua pilihan warna yaitu Vanilla serta Black.

Saat melakukan uji coba di tempat terang, layarnya cukup bagus. Pengguna mampu melihatnya tanpa perlu menambah kecerahan pada layar. Dengan berbagai fitur menarik membuatnya layak untuk dipertimbangkan.

Hanya saja, magnet pengisian daya sering bermasalah jadi, hati-hati kalau menggunakannya. Untuk harganya sendiri berada di kisaran Rp1,399 juta. Cukup terjangkau dan menarik untuk dibeli terutama yang punya ponsel Oppo.

5.      Xiaomi Watch S1

Perangkat smart watch berikutnya adalah Xiaomi. Harus diakui dari desainnya sangat maskulin, cocok bagi cowok berbagai usia. Ukurannya 1,43 inchi dan sudah mengusung layar Amoled. Jadi, tingkat kecerahannya sangat bagus.

Memiliki fitur tracking kesehatan lengkap, kurang lebih ada 117 mode kesehatan, memantau kesehatan baik pria atau wanita, Untuk ketahanan baterainya 12 hari, bila mengubahnya ke mode saver mencapai 24 hari.

Tersedia dalam 3 varian warna yaitu, black, green serta yellow. Sudah mendukung pengisian cepat jadi, tidak butuh waktu lama. Untuk harganya sendiri tergolong terjangkau yaitu 1,999 juta saja,

6.      Samsung Galaxy Watch Active 2

Pilihan terakhir adalah Samsung Galaxy Watch Active 2 dengan berbagai fasilitas menyenangkan dan sudah upgrade. Apalagi, mempunyai pengukur akselerometer, jumlahnya dua kali lebih banyak dari sebelumnya.

Sesuai dengan namanya, perangkat satu ini mempunyai tiket akurasi pengujian sangat tinggi. Apalagi bagi penyakit jantung, kemampuan EKG tersebut di klaim mencapai 90% dengan yang dimiliki rumah sakit.

Tidak cukup sampa disitu, kehadiran bluetooth, wifi, dan NFC memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Untuk daya tahan baterainya lebih panjang kurang lebih dua hari, berapa harganya? Kurang lebih Rp4,39 juta.

Menggunakan jam tangan pintar adalah sebuah kebutuhan, apalagi ada banyak fitur serta fasilitas menarik sudah disematkan. Hanya saja, jangan salah dalam memilih perangkat smart watch pastikan sesuai kebutuhan bukan gaya.

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.