Mengenal Smart Televisi dari Fasilitas dan Teknologinya

Mengenal smart televisi bisa dilihat dari teknologi, fasilitas, hingga fitur yang digunakan. Salah satu yang paling mencolok adalah sudah terkoneksi dengan internet bahkan smartphone. Bahkan, mampu mengakses layanan online.

Misalnya saja, Anda mendapatkan chat dari instagram, maka perangkat tersebut akan memberitahu penggunanya melalui notifikasi. Tidak perlu membalas melalui handphone, langsung di televisi pintar saja sudah bisa.

Perlu diketahui, kemampuan yang dimiliki ini akibat penambahan prosesor seperti halnya smartphone. Inilah alasan mengapa perangkat tersebut mampu terkoneksi ketika wifi mulai dinyalakan dan menjalankan beberapa perintah.

Mengenal Smart Televisi dari Fasilitasnya

Untuk mengenal lebih jauh dari TV pintar ini bisa dilihat dari bagaimana Fasilitasnya. Poin paling utama adalah adanya berbagai hiburan menarik. Bila biasanya, Anda hanya melihat channel nasional saja.

Maka, untuk perangkat satu ini para penggunanya dapat melihat banyak sekali channel menarik. Mula dari HBO GO, Netflix, Vidio, sampai layanan streaming lainnya. Tinggal pilih saja dan bayar biaya berlangganannya.

Perlu diketahui untuk biayanya sendiri biasanya lebih tinggi dibandingkan dengan layanan smartphone. Mengenal smart televisi dari fasilitasnya tidak cukup sampai disitu saja, masih ada beberapa hal yang harus diketahui.

1.      Pindah Layar

Saat menikmati sesuatu dari smartphone terkadang kurang menyenangkan karena, keterbatasan ukuran layar. Bila memakai TV pintar, masalah seperti ini bisa dengan mudah teratasi. Cukup hubungkan saja keduanya.

Dengan begini, apa yang dilihat dari ponsel dapat dinikmati di layar lebih besar dan lega. Hal ini terjadi karena, adanya fitur screen mirroring. Misalnya saja, Anda sedang melihat tayangan youtube.

Rasanya kurang nyaman, pindahkan saja ke televisi. Mengenal smart televisi dari fitur ini memungkinkan semua ponsel dapat terhubung. Hanya saja, harus satu produk, contohnya samsung juga dengan smartphone sama.

Begitu juga dengan Xiaomi atau Realme. Sebenarnya dengan fitur Smart View berbeda brand bisa ditampilkan, hanya saja tampilannya kurang menyenangkan. Biasanya gambar akan terpotong dan menyesuaikan layar ponsel.

Jika, satu brand sama maka penyesuaiannya ke layar TV mudah. Bukan hanya video saja, foto juga bisa dibuka, cukup menarik bukan? Bahkan hasil dari screen shot juga dapat dibuka.

2.      Adanya Google Asistant dan Layar Mengagumkan

Mengenal smart televisi dari fasilitasnya juga bisa dilihat dari penggunaan Google Asistant. Tidak perlu memakai remote, cukup ucapkan saja sebuah perintah, secara otomatis perangkat akan mengikutinya.

Mau membuka menu apa saja bisa dengan mudah dilakukan. Tidak cukup sampa disitu saja, masalah resolusi sepertinya perangkat ini lebih bagus. Kualitasnya bisa mencapai Full HD 4K, bisa membayangkan bukan?

Bagaimana kualitas dari layarnya yang benar-benar memanjakan mata. Bukan hanya untuk melihat film saja, melainkan saat main game juga mengesankan. Mengenal smart televisi juga dapat dilihat dari pilihan game.

Ada dua pilihan yang bisa dilakukan seperti menyambungkan PC ke televisi dengan menggunakan HDMI. Langkah kedua adalah mengunggahnya langsung, tinggal pilih saja mana yang diinginkan, keduanya sama-sama menyenangkan.

3.      Menonton Ulang

Mengenal smart televisi selanjutnya dapat dilihat dari fasilitas menonton ulang. Fasilitas ini hampir tidak ditemui di seluruh perangkat kecuali yang bertanda, smart. Lalu, apa sebenarnya fitur ini?

Jadi, setelah program acara selesai biasanya channel akan melanjutkannya kembali. Tetapi, tidak untuk Anda, lupa mengikutinya dari awal Anda masih dapat melihatnya melalui layanan playback, menarik sekali bukan?

Hal ini dapat dilakukan karena, perangkat akan melakukan penyimpanan secara otomati. Jadi, Anda masih bisa menikmatinya walau channel tersebut sudah selesai programnya dan berganti dengan lainnya.

Cara Memilih Televisi Pintar Agar Nyaman Menonton

Mengenal smart televisi selain dari fasilitas juga bisa dari bagaimana cara memilihnya. Saat ini, ada begitu banyak brand mengeluarkan produk ini. Hanya saja, tidak semuanya memberikan kualitas terbaik.

Mungkin, bagi orang lan sudah bagus namun saat Anda beli ternyata kurang menyenangkan. Untuk menghindari hal tersebut, perlu tahu dulu bagaimana caranya dalam memilih perangkat tersebut agar nyaman menonton.

1.      Pilih Resolusi

Mengenal smart televisi dari bagaimana cara memilihnya bisa dimulai dari berapa resolusinya. Usahakan yang sudah mendukung 4K, jangan beli dengan harga murah tetapi resolusinya justru kurang bagus.

Perlu diketahui, kualitas dari perangkat ini saja sudah bagus dengan berbagai teknologi disematkan. Kalau Anda memilih yang kualitasnya biasa, rasanya sayang sekali. Walaupun dari segi harga memang tinggi.

Hanya saja, secara pengalaman menonton pasti lebih menyenangkan. Jangan hanya sampai di 4K saja, usahakan didalam televisi sudah tersedia fitur Dolby Vision sehingga, apa yang dilihat pasti memanjakan mata sekali.

2.      Refresh Rate dan Audio

Mengenal smart televisi dari cara memilihnya selanjutnya adalah melihat berapa refresh rate. Harus diakui, fitur ini sebenarnya tidak terlalu penting, hanya saja mampu memberikan pergerakan yang lebih halus.

Adanya refresh rate dengan ukuran 60 atau 120 Hz ini mampu meminimalkan keburaman ketika ada adegan dengan pergerakan yang cepat. Bukan hanya dari layar saja, kualitas audio juga harus diperhatikan.

Tidak perlu bagus tetapi, kualitasnya sudah oke. Anda dapat mengetahuinya dengan melihat beberapa reviewer dan dengarkan sendiri bagaimana suaranya. Lebih bagus lagi kalau sudah perangkat tersebut punya fasilitas home theater.

Kekurangan Televisi Pintar yang Harus Diketahui

Mengenal smart televisi jangan hanya dari segi fasilitas atau kelebihannya saja, tetapi pastikan Anda juga tahu bagaimana kekurangannya. Dengan begini, kalau ada hal yang mengancam dapat diantisipasi sebelumnya.

Perlu diketahui bahwa, kekurangan utama dari perangkat ini adalah semua fasilitas dan fiturnya harus menggunakan jaringan internet atau WIFI, bagaimana dengan tethering melalui smartphone? Sebenarnya bisa, hanya kurang baik.

Tangkapan dan pancaran dari sinyal tersebut smartphone masih kurang kuat. Maka, lebih disarankan menggunakan peralatan WIFI saja dari brand ternama di kota Anda. Hanya saja, jangan salah pilih paket.

Perlu diketahui bahwa semakin tinggi resolusi dari sebuah televisi sudah pasti membutuhkan kuota besar juga. Inilah alasannya mengapa Anda harus membeli paket paling besar apalagi, kalau hobi menonton film. Mengenal smart televisi dari kelemahannya bukan hanya itu saja, masih ada hal lain yang perlu juga diwaspadai.

1.      Faktor Keamanan Harus Diperhatikan

Kondisinya hampir sama seperti smartphone, setiap pengguna harus berhati-hati soal sistem keamanannya. Jangan sampai terlalu lengah, sehingga membuka virus dan mencuri seluruh data pribadi Anda, hal itu sangat merugikan.

Oleh karena itu, cobalah untuk membeli produk dengan brand ternama. Setidaknya, mereka mempunyai faktor keamanan lebih baik. Dengan begitu, kemungkinan adanya hacker yang mencoba mencuri data dapat diminimalkan.

2.      Harga Lebih Tinggi

Mengenal smart televisi dari sisi kelemahan berikutnya dapat dilihat dari segi harga. Ada brand yang mengeluarkan satu produk tetapi mempunyai dua varian yaitu digital dan smart. Biasanya keduanya mempunyai selisih.

Kalau dilihat lebih jauh ternyata cukup tinggi, ada brand yang memberikan jarak hingga jutaan rupiah. Tetapi, selisih tersebut sepadan karena, Anda bisa mendapatkan kualitas yang lebih bagus dan menyenangkan.

Pilihan Televisi Pintar yang Dapat Dibeli

Mengenal smart televisi bisa dilihat juga dari rekomendasi apa saja yang dapat dibeli oleh para konsumen. Dimana saat ini jumlahnya cukup banyak, bahkan setiap brand mengeluarkan lebih dari satu produk.

Kondisi ini membuat Anda pasti bingung, apalagi beberapa produk dilengkapi dengan teknologi, fasilitas serta fitur terbaiknya. Berikut beberapa pilihan televisi pintar yang bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan

1.      Samsung TU8000

Mengenal smart televisi dari rekomendasinya bisa dimulai dari Samsung. Brand satu ini memang luar biasa, mereka selalu konsisten menghadirkan produk berkualitas, teknologi nomor satu serta fasilitas yang memanjakan.

Salah satu variannya adalah TU8000, ukurannya mula dari 43 inchi. Dibekali dengan ukuran layar yang sudah UHD 4K, tampilannya sangat tajam dan juga jernih. Ketika melihatnya, terasa memanjakan mata.

Tidak heran bila Anda lebih memilih melihat film di rumah bersama keluarga dibandingkan keluar. Dari desainnya sangat ramping, selan itu seluruh kabelnya juga terlihat rapi tersembunyi di dudukannya.

Perangkat ini juga sudah mendukung Smart One hub and One, jadi bisa dijalankan hanya dengan satu remote saja. Untuk harganya sendiri di banderol di angka 5 jutaan, bisa dijadikan pertimbangan.

2.      LG UN7300

Mengenal smart televisi dari pilihannya yang kedua ada LG UN7300 dengan resolusi HD 4K, membuat Anda merasa nyaman melihat berbagai tayangan film. Ukurannya 43 inchi, mampu mengurangi noise.

Kontrasnya lebih kaya sehingga, terasa nyaman dan mengesankan apalagi kalau melihat pertunjukan dengan eksplorasi alam. LG juga sudah menyematkan teknologi ThinQ AI, sehingga perangkat ini mampu mengenali suara pemiliknya.

Dibekali dengan WEBOS terbaru, sehingga untuk melihat layanan streaming Netflix atau lainnya cukup dengan perintah suara saja, termasuk youtube. Layarnya juga mendukung HDR 10 bahkan untuk melihat Apple tv bisa.

Dilengkapi dengan bluetooth yang dapat menghubungkan dengan speaker dengan kualitas audio terbaik. Rasakan pengalaman melihat pertunjukan action yang menggelegar hanya dari rumah saja, harus diakui efeknya luar biasa.

Untuk harganya sendiri cukup tinggi yaitu diatas Rp6 juta. Tetapi, bila melihat apa yang akan didapatkan rasanya sepadan, apalagi brand satu ini terkenal memiliki ketahanan luar biasa terhadap produknya.

3.      Mi TV 4 Series

Pilihan terakhir yang sedang nak daun adalah Brand Xiaomi. Sepertinya, hampir semua perangkat elektronik dibuat dengan standar tinggi dan harga terjangkau. TV 4 Series ini menjawab semua kebutuhan Anda.

Dari sisi hiburan sudah tersedia lebih dari 700 ribu layanan streaming. Mula dari yang terkenal seperti Netflix, Catchplay+, youtube, vidio, disney plus dan masih banyak lagi.

Menariknya dari produk ini adalah kemampuannya hampir mirip smartphone. Jadi, penggunanya dapat menambahkan berbagai macam konten atau aplikasi kedalamnya. Fasilitas lannya adalah sudah didukung oleh Google Asistant.

Mau menjalankan perintah apa saja, cukup dengan suara. Maka, perangkat secara otomatis akan melakukannya. Poin paling menarik lainnya yang ada di MI TV 4 Series ini adalah desainnya.

Cukup tipis karena ukurannya hanya 11 mm, selain itu produk satu ini mempunyai bezel tipis juga. Dengan begini menonton jadi lebih lega. Harganya sendiri bervariasi sesuai dengan ukuran layar.

Mereka memberikan pilihan mula dari 32, 55, 43 rentang harganya mula dari Rp 1,9 juta sampai Rp2,9 juta. Televisi ini juga dilengkapi dengan 3 port HDMI serta 2 USB

Televisi menjadi sebuah perangkat hiburan yang dibutuhkan oleh masyarakat. Semakin berkembangnya teknologi membuat mengenal smart televisi sangat diperlukan agar Anda tidak bingung jika suatu saat ingin membelinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.