Penemuan yang Menyelamatkan Bumi dan Memberi Perubahan

Setiap hari, selalu muncul penemuan yang menyelamatkan bumi dari orang kreatif. Temuannya akan berguna, meskipun dampaknya belum bisa dirasakan saat ini, tapi dalam jangka panjang atau masa depan akan terasa.

Seperti diketahui bahwa, ada banyak benda – benda buatan manusia yang masih digunakan saat ini dan itu merusak lingkungan. Tapi, belakangan sebagian orang mencari cara untuk menyelamatkan lingkungan agar tidak mengalami kepunahan.

Cara terbaik untuk mempersiapkan hari bumi adalah dengan menemukan berbagai temuan baru ramah lingkungan. Hal ini juga membantu menambah umur tanah tempat tinggal manusia agar bisa ditinggali lebih lama lagi.

Sayangnya, belakangan banyak temuan manusia itu malah merusak bahkan menghancurkannya. Meski begitu, manusia masih bisa memperbaiki kerusakan itu telah diperbuat oleh nenek moyang atau tangan – tangan usil lainnya.

Planet sudah dalam bahaya, manusia banyak menyebabkan deforestasi, pengasaman laut, dan kenaikan suhu. Topik mengenai bahaya global memang belakangan sedang menaikkan sisi amarah masyarakat dunia.

Kemajuan zaman memiliki peran untuk membuat planet tempat tinggal menjadi rumah dengan kenyamanan dan berkelanjutan. Sebab itu, saat ini banyak ditemukan temuan – temuan baru ramah lingkungan untuk kehidupan lebih lanjut.

Penemuan yang Menyelamatkan Bumi dan Memberi Perubahan di Masa Mendatang

Bumi adalah tempat di mana organisme hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan, dan makhluk tidak hidup lainnya. lingkungan memainkan peran penting dalam keberadaan makhluk hidup di planet ini.

Hal tersebut dikarenakan, makhluk membutuhkan makanan, udara, air, dan lainnya di mana membantunya untuk tetap hidup. Sebab itu, Anda harus melindungi dan melestarikan lingkungan tempat tinggal.

Karena aktivitas manusia, lingkungan berkontribusi terhadap bencana termasuk pemanasan global, hujan asam, polusi, iklim, dan lainnya. Sebab itu, dibutuhkan penemuan yang menyelamatkan bumi di masa mendatang.

Sudah saatnya manusia beralih ke berbagai hal modern hijau, hal tersebut bisa mengurangi dampak permasalahan lingkungan. Berikut di bawah ini adalah beberapa contoh temuan modern bantu mengembalikan bumi.

1. Kaca Surya

Bagaimana jika setiap gedung pencakar langit bisa menghasilkan energi bermanfaat? Sebuah temuan modern yang cukup mendapatkan banyak perhatian masyarakat, terutama dikalangan desain dan keberlanjutan lingkungan.

Sama seperti kedengarannya, kaca surya merupakan bahan jendela transparan yang memiliki fungsi untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik. Temuan ini masih dikembangkan agar optimal dalam menangkap sinar matahari.

Kaca surya sebagai penemuan yang menyelamatkan bumi ini sangat ramah lingkungan karena tidak membutuhkan pembakaran dan menghasilkan gas rumah kaca. Selain ramah lingkungan, penggunaannya dalam jangka panjang juga terhitung murah.

2. Laboratorium Pembuat Makanan

Dengan kemajuan zaman seperti ini, seseorang bisa membuat makanannya sendiri untuk bertahan hidup. Makanan terutama daging tersebut tentu akan jauh lebih sehat, bersih, dan enak dibandingkan berasal dari ternak.

Kemajuan zaman membuat sesuatu hal yang tidak mungkin untuk dilakukan menjadi memungkinkan. Daging itu diletakkan dalam laboratorium berpotensi mengurangi dampak pada planet karena tidak membiarkan hewan disembelih untuk diambil dagingnya.

Penerapan ilmu ramah lingkungan dan pengetahuan ini mampu menyelesaikan masalah manusia. Terutama pada masalah kelaparan dan kerusakan planet akibat berbagai kegiatan penghuninya itu malah merusak.

3. Saringan Berteknologi Tinggi

Penemuan yang menyelamatkan bumi berfungsi untuk mengubah laut menjadi air minum melalui pabrik desalinasi skala industri saat ini. Sudah ada beberapa produk tersebut menjual alat penyaring ini, tapi versi kecil.

Saat ini, para ahli sedang mengembangkan saringan untuk laut sehingga ketika dialirkan ke rumah warga, air bisa langsung diminum. Masyarakat tidak perlu pengolahnya kembali, termasuk memasaknya.

Saringan tersebut juga akan berfungsi untuk menciptakan laut bersih tanpa sampah, menyediakan air aman konsumsi. Sehingga permasalahan air bersih di beberapa negara bisa teratasi dengan cara ini.

4. Drone Penyerbukan

Begitu banyak dari makanan yang Anda makan dan minum setiap harinya seperti buah, sayuran, bahkan kopi yang semuanya bergantung penyerbukan. Semua itu bergantung pada penyerbukan yang memungkinkan tanaman berkembang biak.

Faktanya, sekitar 75% tanaman sedunia diproduksi dengan bantuan penyerbukan agar bisa berbuah. Namun, saat ini dunia pertanian banyak menggunakan insektisida yang malah membunuh serangga pembantu penyerbukan.

Sebab itu, keberadaan drone penyerbukan jadi penemuan yang menyelamatkan bumi saat ini. Drone tersebut sudah diuji coba dan mampu membantu penyerbukan bunga – bunga besar, tapi masih kurang optimal.

5. Pesawat Beremisi Uap Air

Di masa depan, bukan tidak mungkin jika terdapat kendaraan berteknologi tinggi yang lebih canggih dan ramah lingkungan. Pesawat beremisi uap air akan digerakkan dengan arus listrik dan suplai hydrogen, oksigen.

Pesawat berteknologi tinggi dengan bahan bakar hydrogen pertama kali yang mampu membawa 4 orang penumpang. Harapan dari pengembangannya adalah untuk menciptakan taksi udara bebas emisi seperti HY4.

Pesawat tersebut mampu membawa Anda melakukan perjalanan dari kota satu ke lainnya dengan kecepatan tinggi. Pesawat tersebut merupakan penemuan yang menyelamatkan bumi dan memudahkan mobilitas manusia modern di masa mendatang.

6. Mobil Berubah Warna

Mobil berubah warna belakangan ini dikembangkan oleh vendor besar, BMW. Dijuluki dengan iX Flow, BMW menyematkan kecanggihan saat ini untuk membuat tampilan mobil buatannya bisa memiliki banyak warna.

Untuk Anda yang sering bosan dengan satu warna mobil saja, ini sangat cocok dimiliki. Hanya dengan menekan satu tombol, mobil bisa berubah ke berbagai warna lainnya.

Termasuk ke dalam penemuan yang menyelamatkan bumi, karena tidak perlu menyemprotkan cat ke mobilnya. Hal tersebut dikarenakan terdapat kandungan berbahaya dalam cat seperti timbal dan merkuri.

7. Kembar Digital

Kembar digital merupakan model virtual dari objek fisik di dunia nyata. Terdengar cukup familiar karena hal ini hampir mirip dengan dunia baru yang sedang dikembangkan yakni metaverse.

Penemuan yang menyelamatkan bumi karena saat ini masyarakat membeli properti di dalamnya. Jadi tidak perlu membabat hutan hanya untuk membangun sebuah rumah hunian baru.

Tujuan dari kembar digital adalah simulasi real time penuh, di sana dilengkapi dengan sensor menyampaikan data penting. Dengan begitu Anda bisa mengatur bahkan hidup di sana.

 8. Pemindaian Tubuh Kesehatan

Belajar dari berbagai hal yang masih sulit terurai di lingkungan. Pemindaian kesehatan tubuh menjadi alat terbaik sebagai penemuan yang menyelamatkan bumi di masa modern seperti sekarang ini.

Hanya dengan menginjak timbangan, nantinya akan terbaca berbagai hal seperti berat badan, kesehatan, massa otot, jantung, usia, pembuluh darah. Alat ini sebenarnya sudah ada sekarang, tapi masih kurang lengkap pindaiannya.

Body scan saat ini masih terus dikembangkan agar hasil yang terpampang lebih akurat. Pengguna bisa melacak semua metric kesehatan bahkan mendapatkan rencana kesehatan melalui smartphone.

9. Bak Mandi Cerdas

Penemuan yang menyelamatkan bumi satu ini cukup inovatif karena tidak terpikirkan sebelumnya. Terinspirasi dari movie natal, home alone di mana terdapat bak mandi pada kamar anak.

Bak mandi tersebut berbeda dengan biasanya karena terdapat pengaturan untuk mengontrol suhu air, cahaya kabut, warna, dan lainnya. Terdapat juga pengaturan untuk seberapa banyak air yang harus diisi dan pengeringan.

Kontrol tersebut bisa dilakukan dengan mudah, baik melalui suara maupun sentuhan smartphone. Hal ini akan memberikan pengalaman mandi yang menyenangkan karena semuanya serba praktis di masa depan.

10. Pakaian Bisa Mendengar

Penemuan yang menyelamatkan bumi selanjutnya adalah pembuatan pakaian bisa mendengar. Dengan kecanggihan peralatan di masa kini, semua bisa dibuat termasuk sesuatu yang tidak masuk akal.

Untuk menambah fungsionalitas dan pengurangan bahan material pembuatan benda aksesoris lain, saat ini dihadirkan produk tersebut. Pakaian yang biasa dikenakan sehari – hari saat ini memiliki telinga untuk mendengar perintah Anda.

Namun, pakaian ini sedang dikembangkan kembali untuk para tuna netra. Sehingga saat melakukan perjalanan bisa dibantu karena pakaian akan mendeteksi gerakan, suara, ketegangan, dan lainnya.

11. Penangkapan Udara Langsung

Lingkungan sebenarnya mendukung cara pengurangan CO2 dan memperbanyak O2 dengan fotosintesis. Namun, baru – baru ini telah terjadi penemuan yang menyelamatkan bumi di mana cara kerjanya sama seperti pohon.

Alat tersebut mampu menyerap CO2 pada tingkatan lebih besar juga dengan sedikit lahan terbuka. alat tersebut disebut Direct Air Capture (DAC) yang melibatkan pengambilan CO2 dan menyimpannya di bawah tanah.

Mungkin Anda pernah menemukan alat serupa seperti ini dalam rumah. DAC akan menjadi salah satu bentuk kemajuan peradaban terbaik untuk masa depan lingkungan tempat tinggal.

12. Pemakaman Hijau

Hidup berkelanjutan menjadi prioritas bagi individu yang menghadapi realitas krisis iklim, tapi bagaimana dengan pemakanan ramah lingkungan? Penemuan yang menyelamatkan bumi ini bisa dirasakan di masa depan.

Kematian cenderung menjadi proses berat karena mengeluarkan karbon cukup banyak. Apalagi saat kematian Anda harus dikremasi, ketika itu dilaporkan proses kremasi melepaskan 400 kg CO2 ke atmosfer.

Namun, saat ini dikembangkan pemakaman yang ramah lingkungan menggunakan setelan jamur rancangan. Jamur tersebut berperan sebagai mikroorganisme di mana membantu proses dekomposisi serta menetralisir racun ketika tubuh membusuk.

13. Batu Bata Penyimpan Energi

Baru – baru ini ilmuwan telah menemukan bagaimana cara menyimpan energi dalam batu bata merah untuk membangun rumah. Metode ini akan mengubah batu bata biasa menjadi smart bricks seperti baterai.

Penelitiannya saat ini masih dalam tahap pengembangan dan pembuktian konsep. Namun, jika berhasil dikembangkan ini akan menjadi penemuan luar biasa di mana rumah bisa dijadikan sebagai tempat penyimpanan energi.

Tidak hanya itu, tapi rumah juga bisa diisi ulang sama seperti baterai smartphone. Hal tersebut tentu membuat kehidupan di masa mendatang jadi lebih praktis dan menarik.

14. Jam Tangan Pintar Bertenaga Keringat

Penemuan yang menyelamatkan bumi karena tidak perlu lagi penggunaan batu baterai. Sebab, batu baterai sulit untuk diuraikan, dan menimbulkan berbagai hal buruk lainnya bagi lingkungan.

Seorang insinyur menemukan pengganti elektrolit tersebut serupa dengan keringat manusia. Penggunaannya bisa diisi hanya dengan 20 mikroliter cairan dan waktu bertahan hingga 4.000 siklus hidupnya.

Perangkat dikembangkan menggunakan kain untuk menyerap keringat ion positif dan negatif dari pemakainya. Hal tersebut membuatnya saling berinteraksi dengan permukaan polimer dan menghasilkan reaksi elektrokimia berenergi.

Penemuan – penemuan baru memang sudah seharusnya ditemukan untuk mendukung kehidupan manusia lebih futuristic. Namun, diperlukan penemuan yang menyelamatkan bumi agar lingkungan semakin baik dan berumur panjang untuk kehidupan berlanjut manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.